10 Manfaat Apel untuk Kesehatan yang Sangat di Perlukan TubuhApel adalah salah satu buah paling populer – dan untuk alasan yang bagus.

Mereka adalah buah yang sangat sehat dengan banyak manfaat yang didukung penelitian.

Berikut 10 manfaat apel bagi kesehatan.

Bergizi

Sebuah apel sedang – dengan diameter sekitar 3 inci (7,6 sentimeter) – sama dengan 1,5 cangkir buah. Dua cangkir buah setiap hari direkomendasikan untuk diet 2.000 kalori.

Satu apel sedang – 6,4 ons atau 182 gram – menawarkan nutrisi berikut :

Terlebih lagi, porsi yang sama menyediakan 2-4% dari RDI untuk mangan, tembaga, dan vitamin A, E, B1, B2, dan B6.

Apel juga kaya akan polifenol. Meskipun label nutrisi tidak mencantumkan senyawa tanaman ini, kemungkinan besar mereka bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari apel, biarkan kulitnya – karena mengandung setengah dari serat dan banyak polifenol.

Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Apel kaya akan serat dan air – dua kualitas yang membuatnya mengenyangkan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibandingkan mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tanpa produk apel.

Dalam studi yang sama, mereka yang memulai makan dengan irisan apel juga makan rata-rata 200 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Dalam studi 10 minggu lainnya pada 50 wanita yang kelebihan berat badan, partisipan yang makan apel kehilangan rata-rata 1 kg dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan, dibandingkan dengan mereka yang makan kue gandum dengan kandungan kalori dan serat yang sama.

Peneliti berpikir bahwa apel lebih mengenyangkan karena kurang padat energi, namun tetap menghasilkan serat dan volume.

Selain itu, beberapa senyawa alami di dalamnya dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Sebuah studi pada tikus gemuk menemukan bahwa mereka yang diberi suplemen apel giling dan konsentrat jus apel kehilangan lebih banyak berat badan dan memiliki kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total yang lebih rendah daripada kelompok kontrol.

Baik untuk Jantung Anda

Apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Salah satu alasannya mungkin karena apel mengandung serat larut – jenis yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda.

Mereka juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Banyak dari ini terkonsentrasi di kulitnya.

Salah satu polifenol ini adalah epikatekin flavonoid, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Analisis penelitian menemukan bahwa asupan tinggi flavonoid dikaitkan dengan risiko stroke 20% lebih rendah.

Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL yang “buruk”, dan bertindak sebagai antioksidan.

Studi lain yang membandingkan efek makan apel sehari dengan mengonsumsi statin – kelas obat yang dikenal untuk menurunkan kolesterol – menyimpulkan bahwa apel hampir sama efektifnya dalam mengurangi kematian akibat penyakit jantung seperti halnya obat-obatan.

Namun, karena ini bukan uji coba terkontrol, temuan harus diambil dengan sebutir garam.

Studi lain mengaitkan mengonsumsi buah dan sayuran berdaging putih, seperti apel dan pir, dengan penurunan risiko stroke. Untuk setiap 25 gram – sekitar 1/5 cangkir irisan apel – yang dikonsumsi, risiko stroke menurun 9%.

Risiko Diabetes yang Lebih Rendah

Beberapa penelitian telah mengaitkan makan apel dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Dalam sebuah penelitian besar, makan apel sehari dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 28% lebih rendah, dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan makan hanya beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang serupa.

Ada kemungkinan polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas Anda. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh Anda dan sering kali rusak pada penderita diabetes tipe 2.

Efek Prebiotik dan Mempromosikan Bakteri Usus Baik

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Ini berarti memberi makan bakteri baik di usus Anda.

Usus kecil Anda tidak menyerap serat selama proses pencernaan. Sebaliknya, ia masuk ke usus besar Anda, di mana ia dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik. Itu juga berubah menjadi senyawa bermanfaat lainnya yang bersirkulasi kembali ke seluruh tubuh Anda.

Penelitian baru menunjukkan bahwa ini mungkin alasan di balik beberapa efek perlindungan apel terhadap obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Membantu Mencegah Kanker

Studi tabung reaksi telah menunjukkan hubungan antara senyawa tanaman dalam apel dan risiko kanker yang lebih rendah.

Selain itu, satu penelitian pada wanita melaporkan bahwa makan apel dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah akibat kanker.

Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi mereka mungkin bertanggung jawab atas efek pencegahan kanker potensial mereka.

Membantu Melawan Asma

Apel kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru Anda dari kerusakan oksidatif.

Sebuah penelitian besar di lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan apel paling banyak memiliki risiko asma terendah. Makan sekitar 15% apel besar per hari dikaitkan dengan risiko 10% lebih rendah dari kondisi ini.

Kulit apel mengandung flavonoid quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Ini adalah dua cara yang dapat mempengaruhi asma dan reaksi alergi.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Makan buah dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi, yang merupakan penanda kesehatan tulang.

Para peneliti percaya bahwa senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam buah dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa apel, secara khusus, dapat memengaruhi kesehatan tulang secara positif.

Dalam sebuah penelitian, wanita makan makanan yang mencakup apel segar, apel kupas, saus apel, atau tanpa produk apel. Mereka yang makan apel kehilangan lebih sedikit kalsium dari tubuh mereka daripada kelompok kontrol.

Melindungi Dari Cedera Perut Dari NSAID

Golongan obat penghilang rasa sakit yang dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) bisa melukai lapisan perut Anda.

Sebuah penelitian pada tabung reaksi dan tikus menemukan bahwa ekstrak apel yang dibekukan membantu melindungi sel-sel lambung dari cedera akibat NSAID.

Dua senyawa tanaman dalam apel – asam klorogenat dan katekin – dianggap sangat membantu.

Membantu Melindungi Otak Anda

Sebagian besar penelitian berfokus pada kulit apel dan daging.

Namun, jus apel mungkin memiliki manfaat untuk penurunan mental terkait usia.

Dalam penelitian pada hewan, konsentrat jus mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya (ROS) di jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental.

Jus apel dapat membantu melestarikan asetilkolin, neurotransmitter yang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Kadar asetilkolin yang rendah terkait dengan penyakit Alzheimer.

Demikian pula, para peneliti yang memberi makan apel utuh kepada tikus tua menemukan bahwa penanda ingatan tikus telah dipulihkan ke tingkat tikus yang lebih muda.

Meskipun demikian, apel utuh mengandung senyawa yang sama dengan jus apel – dan itu selalu merupakan pilihan yang lebih sehat untuk memakan buah Anda secara utuh.

Intisari
Apel sangat baik untuk Anda, dan memakannya dikaitkan dengan penurunan risiko banyak penyakit utama, termasuk diabetes dan kanker.

Terlebih lagi, kandungan serat larutnya dapat meningkatkan penurunan berat badan dan kesehatan usus.

Sebuah apel sedang sama dengan 1,5 cangkir buah – yang merupakan 3/4 dari rekomendasi harian 2 cangkir untuk buah.

Untuk mendapatkan manfaat terbesar, makan buah utuh – baik kulit maupun dagingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *