Manfaat Buah ManggaMangga atau mempelam artinya nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. mangga termasuk ke dalam marga mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku anacardiaceae. nama ilmiahnya artinya mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Bahkan mampu mencapai tinggi 10–40 m.

Nama buah ini berasal dari bahasa malayalam maanga. kata ini diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia menjadi mangga, Istilah ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (portugis), mango (Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, yang berasal dari india”.

Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya sejak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam aneka macam bahasa setempat, mirip pelem atau poh.

Mangga buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. terdapat banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang diperoleh dengan mengkonsumsinya, termasuk penurunan risiko degenerasi makula, sejenis penyakit mata pada retina, penurunan risiko kanker usus besar, kesehatan tulang bahkan manfaat bagi kulit dan rambut.

Kisaran kandungan gizi yang terdapat dari 1 cangkir mangga yang dipotong dadu terdapat :

  • 100 kalori
  • 1 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 25 gram karbohidrat (23 gram gula dan 3 gram serat)
  • 100% dari kebutuhan harian vitamin c, 35% vitamin a, 20 % folat, 10% vitamin b-6 dan 8% vitamin k dan potassium
  • Tembaga, kalsium dan zat besi, serta antioksidan mirip zeaxanthin dan beta karoten.

Manfaat mangga untuk kesehatan

  1. Mengurangi diabetes
    Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah yang agak banyak, tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga baik pula. Bagi orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam satu malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Air ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin dalam darah.
  2. Pencegahan degenerasi makula ( Penyakit Mata )
    Zat antioksidan zeaxanthin ditemukan di dalam mangga, setelah diteliti dapat menjaga kesehatan mata dan dapat menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Asupan mangga yang sedikit lebih banyak dari biasanya (3 porsi atau lebih dalam sehari), telah terbukti menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula seiring bertambahnya usia.
  3. Mencegah penyakit jantung
    Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium ialah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  4. Pencegahan kanker
    Penelitian telah membuktikan bahwa dalam buah mangga terdapat senyawa antioksidan ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.
  5. Menyehatkan tulang
    Tidak hanya kalsium yang terdapat pada susu saja yang dapat membantu untuk kesehatan tulang, namun asupan vitamin K yang rendah tak jarang dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya patah tulang. Konsumsi asupan yang sempurna dari manfaat buah-buahan dan sayuran, penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga ini.
  6. Melancarkan pencernaan
    Mangga memiliki enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.
  7. Kaya akan Zat besi yang berguna bagi wanita (Ostheoporosis)
    Mangga kaya akan zat besi, sehingga dapat membantu bagi orang yang menderita anemia. Selain itu, mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, karena mangga dapat meningkatkan kadar zat besi dan kalsium secara alamiah dan bersamaan.
  8. Menjaga kadar kolesterol
    Mangga memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, pektin serta serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar juga mengandung sumber kalium yang besar, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh serta dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  9. Menyehatkan mata
    Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan mangga mengandung 25% vitamin A. Yang berguna bagi kesehatan dari penyakit rabun senja serta dapat mencegah kekeringan pada mata.
  10.  Mencegah Asma
    Buah mangga mengandung zat beta karoten yang dapat mencegah resiko terjadinya asma. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih dari biasanya. Yaitu kurang lebih dengan mengkonsumsi sebanyak ukuran 3 buah per harinya.

Selain untuk kesehatan, Mangga juga baik untuk kecantikan diantaranya :

Kulit halus dan cantik idaman setiap wanita. Dengan buah mangga ini, kita dapat merawat kecantikan kulit tanpa harus repot ke salon. berikut beberapa tipsnya :

  • Mengatasi bintik hitam pada wajah – keringkan kulit mangga kemudian dijadikan tepung/bubuk. campur bubuk daun mangga dengan yoghurt, kemudian dijadikan masker pada wajah yang terdapat noda hitam tersebut.
  • Menyembuhkan jerawat – mangga yang masih mentah, potong dan rebus. air sisa rebusan tersebut dapat digunakan untuk membasuh wajah.
  • Mengatasi kulit terbakar sinar matahari – ambil buah mangga, kemudian dipotong-potong. Oleskan potongan mangga pada kulit yang terbakar. oleskan lagi krim susu diatasnya. Diamkan sekitar 5-15 menit dan cuci bersih dengan air dingin.
  • Melembabkan rambut – Karena mengandung vitamin A, yaitu nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum alami. Vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Yang lebih penting dari semua manfaat buah-buah adalah pola hidup yang sehat, olah raga yang teratur. Dan tetap menjaga pola tidur, jangan lewat dari jam 12.00 malam.

Demikian info mengenai buah mangga, mudah-mudahan bermanfaat