Manfaat apel untuk kesehatan

Buah apel umunya berwarna merah kulitnya bila sudah masak dan siap dikonsumsi, namun kadang juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya agak keras. dan terdapat biji di dalam daging buahnya.

Pertama kali orang menanam apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak tempat di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa latin malus domestica. Apel yang budidaya merupakan keturunan dari malus sieversii berasal dari Asia Tengah, dengan sebagian spesies dari malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Kebanyakan apel baik dimakan mentah, banyak pula dibuat orang kue, pudding dan lain-lain. Apel yang dimasak hingga lembut untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel.

Manfaat apel untuk kesehatan

Apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh, Ada beberapa manfaat apel yang dapat saya tulis di sini.

1. Meringankan kerja usus halus

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai alat proses makanan. Mengkonsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

2. Mengurangi resiko gangguan pernafasan

Sebuah penelitian samapi pada kesimpulan bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernafasan. Selain itu baik juga untuk wanita hamil menekan gangguan pernafasan pada bayi dalam kandungannya.

3. Menyehatkan rongga sekresi pada gigi

Apel juga memiliki fungsi untuk kesehatan sekresi pada gigi, mengkonsumsi apel dengan dan mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga Sekresi. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

4. Memberikan perlindungan pada tulang

Kandungan flavonoid (phloridzin) pada apel dapat mengurangi resiko osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang agar tidak mudah keropos. Sangat baik untuk mencegah timbulnya gejala penyakit rematik.

5. Mengkontrol gula darah

Galacturonic acid dinfoplai apel untuk membantu kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. oleh karena itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes.

6. Mencegah dan mengobati kanker

Di dalam Apel mengandung senyawa triterpenoids yang terletak pada kulitnya, yang diidentifikasi dalam sebuah penelitian Cornell University, diketahui bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, lever dan gejala kanker usus besar.

Selain itu, apel memiliki sejumlah zat antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing.

7. Kesehatan otak

Buah apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif. Dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, mirip penyakit alzheimer.

8. Mencegah parkinson

Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi dapat melindungi/mencegah terhadap penyakit parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan produksi dopamin untuk sel-sel syaraf otak. Para ilmuwan telah mengkaitkan penemuan ini dengan zat anti oksidan yang berfungsi melawan banyak sekali terhadap radikal bebas

9. Menurunkan kolesterol

Dapat menekan berkembang lemak LDL. Serat Apel yang larut dapat mengikat lemak dalam usus, yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

10. Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian ekstensif menemukan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, adalah senyawa yang terdapat dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi peredaran darah ke jantung, Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat yang ada pada Apel.

11. Mencegah batu empedu

Batu empedu terbentuk ketika terdapat banyak kolesterol dalam empedu sehingga cenderung mengeras. Yang pasti terjadi banyak orang mengalami obesitas karena terjadi proses penumpukan lemak. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet kaya serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

12. mengatasi diare dan sembelit

Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi sembelit dan diare. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembeit. serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

14. Detoksifikasi hati

Detoksifikasi merupakan salah satu proses untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman yang semakin maju kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan mengandung ‘racun’ apakah itu dari minuman atau makanan. Fungsi hati bertugas untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari aneka macam zat atau racun dalam tubuh.

16. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

17. Mencegah wasir

Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah mampu sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di tempat panggul dan dubur. Serat dalam Apel dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ ketika pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

Manfaat apel untuk kesehatan tubuh dan diet merupakan salah satu yang paling populer diantara buah-buahan lainnya. Saking populernya bahan apel juga dijadika cuka, salah satu varian dari bahan apel juga sangat digemari karena manfaatnya yang ampuh untuk hipertensi dan penyakit gawat lainnya.