Manfaat buah kurmaPhoenix dactylifera – Kurma adalah spesies tanaman berbunga masih satu spesies palem Arecaceae, atau Sawit. Dibudidayakan karena rasa buahnya yang manis dan bisa langsung dimakan. Tidak diketahui asal tumbuhan ini, mungkin berasal dari dataran di sekitar Irak. Spesies ini banyak dibudidayakan dan naturalisasi di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Phoenix dactylifera tumbuh 21-23 m tingginya, dengan panjang daun sekitar 4 – 6 meter.

Buah kurma yang masih segar mempunyai daging yang berserat lembut dan mempunyai rasa yang sangat manis. Daging buahnya memiliki kandungan gula sejenis fruktosa dan dekstrosa yang dengan mudah dicerna oleh tubuh serta dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Oleh karena itu Kurma sangat baik dijadikan sebagai menu buka Puasa

Selain itu kurma memiliki kandungan nutrisi yang penting dan bermanfaat untuk tubuh. Di dalam Kurma yang masak terdapat kandungan gula sebesar 80% dan sisanya terdiri dari lemak, protein dan mineral yang lain, zat besi, tembaga, asam folat dan magnesium. Kurma juga banyak mengandung serat dan juga sebagai sumber kalium. buah kurma lima butir seberat sekitar 45 gram mengandung kalori sebesar 115 kkl.

Manfaat buah kurma untuk kesehatan kita, yaitu :

  • Menguatkan fungsi lambung
  • Menguatkan fungsi hati
  • Mengobati diare
  • Memperlancar buang air kecil
  • Mengencangkan otot-otot yang kendur
  • Menguatkan rahim sehinggai dapat membantu mempermudah dalam proses persalinan
  • Mencegah penglihatan yang kabur
  • Meningkatkan tekanan darah yang mengalami penurunan dengan cara merendam buah kurma ke dalam susu murni yang kemudian ditambahkan dengan sedikit cengkeh.
  • Menambah energi setelah berolah raga dan beraktifitas
  • Mengandung vitamin A yang kaya dengan antioksidan sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata, menjaga agar kulit tetap sehat dan melindungi kita dari kanker paru-paru serta rongga sekresi.
  • Memberikan perlindungan terhadap terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner karena dalam buah kurma terdapat kandungan kalium yang merupakan bagian penting dari cairan tubuh dan sel sehingga mampu untuk mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung.

Mengobati Kulit Sensitif

Buah kurma mengandung vitamin b6 dan juga protein yang dapat mencegah terjadinya infeksi kulit serta dapat membuat kulit menjadi lebih segar, buah dapat dimanfaatkan menjadi masker yang dioleskan pada wajah yang sensitif atau pada kulit yang sedang mengalami iritasi. Cara membuat masker dengan mencampurkan kurma yang sudah dihaluskan dengan yogurt dingin, setelah itu gunakan sebagai masker.

Sebagai bahan Lulur dan pijat tubuh

Buah kurma dapat digunakan sebagai bahan lulur untuk pijat tubuh. Sehingga dapat melembutkan, membersihkan serta menjaga kekenyalan kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan dengan jus aprikot dan cranberries yang kemudian dihancurkan dan ditambah dengan oatmeal setengah sendok teh. Setelah semua tercampur maka dapat segera digunakan sebagai scrub waktu mandi.

Selain buah kurma, masih banyak buah-buahan lain yang memiliki khasiat penting bagi tubuh kita, mirip manfaat buah nanas dan manfaat buah naga.

Demikianlah manfaat buah kurma, semoga berguna bagi kita semua..