6 Manfaat Pare Untuk KesehatanPare juga dikenal sebagai labu pahit atau Momordica charantia – adalah tanaman merambat tropis yang termasuk dalam keluarga labu dan terkait erat dengan zucchini, labu, labu, dan mentimun.

Ini dibudidayakan di seluruh dunia karena buahnya yang dapat dimakan, yang dianggap sebagai makanan pokok dalam banyak jenis masakan Asia.

Varietas Cina biasanya panjang, hijau pucat, dan ditutupi dengan benjolan seperti kutil.

Di sisi lain, varietas India lebih sempit dan ujungnya runcing dengan paku yang kasar dan bergerigi di kulitnya.

Selain rasanya yang tajam dan penampilannya yang khas, pare telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan.

Berikut 6 manfaat pari untuk kesehatan tubuh :

Mengemas Beberapa Nutrisi Penting

Pare adalah sumber beberapa nutrisi penting.

Satu cangkir (94 gram) pare mentah menyediakan:

Pare kaya akan vitamin C, mikronutrien penting yang terlibat dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Ini juga tinggi vitamin A, vitamin yang larut dalam lemak yang meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan yang tepat.

Ini menyediakan folat, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta sejumlah kecil kalium, seng, dan zat besi.

Pare juga merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik – senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

Plus, rendah kalori namun tinggi serat – memenuhi sekitar 8% kebutuhan serat harian Anda dalam satu porsi satu cangkir (94 gram).

Membantu Mengurangi Gula Darah

Berkat khasiat obatnya yang kuat, pare telah lama digunakan oleh penduduk asli di seluruh dunia untuk membantu mengobati kondisi terkait diabetes.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa penelitian mengkonfirmasi peran buah dalam mengontrol gula darah.

Sebuah studi 3 bulan pada 24 orang dewasa dengan diabetes menunjukkan bahwa mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c, tes yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah selama tiga bulan.

Studi lain pada 40 orang dengan diabetes menemukan bahwa mengonsumsi 2.000 mg per hari pare selama 4 minggu menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Terlebih lagi, suplemen tersebut secara signifikan menurunkan kadar fruktosamin, penanda lain dari kontrol gula darah jangka panjang.

Pare dianggap meningkatkan cara gula digunakan di jaringan Anda dan meningkatkan sekresi insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.

Namun, penelitian pada manusia terbatas, dan penelitian yang lebih besar dan berkualitas tinggi diperlukan untuk memahami bagaimana pare dapat memengaruhi kadar gula darah pada populasi umum.

Memiliki Sifat Melawan Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa pare mengandung senyawa tertentu dengan sifat melawan kanker.

Misalnya, satu penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak pare efektif membunuh sel kanker perut, usus besar, paru-paru, dan nasofaring – area yang terletak di belakang hidung di bagian belakang tenggorokan Anda.

Studi tabung reaksi lain memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa ekstrak pare mampu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara sekaligus mendorong kematian sel kanker (11).

Perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak pare dalam jumlah terkonsentrasi pada sel individu di laboratorium.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana pare dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker pada manusia bila dikonsumsi dalam jumlah normal yang ditemukan dalam makanan.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri Anda, memaksa jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Satu studi pada tikus dengan diet tinggi kolesterol mengamati bahwa pemberian ekstrak pare menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kadar kolesterol total, kolesterol LDL “jahat”, dan trigliserida.

Studi lain mencatat bahwa memberi tikus ekstrak pare secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dibandingkan dengan plasebo. Dosis yang lebih tinggi dari pare menunjukkan penurunan terbesar.

Namun, penelitian terkini tentang potensi penurun kolesterol dari pare sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan yang menggunakan ekstrak pare dosis besar.

Studi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah efek yang sama berlaku untuk manusia yang memakan labu sebagai bagian dari diet seimbang.

Perhatikan bahwa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan suplemen pare dosis tinggi. Masih belum jelas apakah makan pare sebagai bagian dari diet rutin Anda akan memiliki efek menguntungkan yang sama pada kesehatan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan, karena rendah kalori namun tinggi serat. Ini mengandung sekitar 2 gram serat dalam setiap porsi satu cangkir (94 gram).

Serat melewati saluran pencernaan Anda dengan sangat lambat, membantu membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

Oleh karena itu, menukar bahan berkalori tinggi dengan pare dapat membantu meningkatkan asupan serat dan mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pare dapat memiliki efek menguntungkan pada pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung 4,8 gram ekstrak pare setiap hari menyebabkan penurunan lemak perut yang signifikan.

Partisipan kehilangan rata-rata 0,5 inci (1,3 cm) dari lingkar pinggang mereka setelah tujuh minggu

Demikian pula, sebuah penelitian pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak mengamati bahwa ekstrak pare membantu menurunkan berat badan dibandingkan dengan plasebo.

Perhatikan bahwa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan suplemen pare dosis tinggi. Masih belum jelas apakah makan pare sebagai bagian dari diet rutin Anda akan memiliki efek menguntungkan yang sama pada kesehatan.

Serbaguna dan Lezat

Pare memiliki rasa tajam yang bekerja dengan baik di banyak hidangan.

Untuk menyiapkannya, mulailah dengan mencuci buah dan memotongnya memanjang. Kemudian gunakan perkakas untuk mengeluarkan biji dari tengah, dan potong buah menjadi irisan tipis.

Pare dapat dinikmati mentah atau dimasak dalam berbagai resep.

Bahkan, bisa ditumis, dikukus, dibakar, atau bahkan dilubangi dan diisi dengan isian pilihan Anda.

Berikut adalah beberapa cara menarik untuk menambahkan pare ke dalam makanan Anda:

Potensi Efek Samping

Ketika dinikmati dalam jumlah sedang, pare bisa menjadi tambahan yang sehat dan bergizi untuk diet Anda.

Namun, mengonsumsi pare dalam jumlah tinggi atau mengonsumsi suplemen pare dapat dikaitkan dengan beberapa efek samping.

Secara khusus, pare telah dikaitkan dengan diare, muntah, dan sakit perut.

Ini juga tidak disarankan untuk wanita yang sedang hamil, karena efek jangka panjangnya terhadap kesehatan belum dipelajari secara ekstensif.

Karena pengaruhnya terhadap gula darah, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memakannya jika Anda sedang mengonsumsi obat penurun gula darah.

Juga, bicarakan dengan profesional perawatan kesehatan sebelum melengkapi dengan pare jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat apa pun, dan pastikan untuk menggunakannya sesuai petunjuk.

Inti Sari

Pare adalah salah satu buah dalam keluarga labu dengan penampilan dan rasa yang unik.

Ini tidak hanya kaya akan beberapa nutrisi penting tetapi juga terkait dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kontrol gula darah dan kadar kolesterol.

Perhatikan bahwa orang yang sedang hamil atau sedang menjalani pengobatan – terutama obat penurun gula darah – harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka sebelum mengonsumsi dalam jumlah tinggi atau mengonsumsi suplemen.

Namun, dalam jumlah sedang, pare dapat menjadi tambahan yang beraroma, bergizi, dan mudah untuk makanan sehat dan menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *