Manfaat Jambu BijiManfaat jambu biji yang paling utama adalah kandungan vitamin C nya. jambu biji merupakan buah yang umum ditemui di wilayah asia. Berbentuk bulat dengan daging buah berwarna putih atau merah dan terdapat banyak biji-biji kecil di dalam daging buahnya. Banyak nutrisi yang terkandung dalam jambu seberat 275 Gram, dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dua orang anak pada usia 10-21 tahun.

Kandungan buah jambu biji

Tak heran bila jambu biji disebut “buah super.” dibandingkan dengan jumlah yang sama pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar. berikut ini kandungan di dalam sebuah jambu biji :

Manfaat Jambu biji

Total zat penting lainnya di dalam jumlah yang lebih tipis sedikit pada jambu biji, disebutkan:

Kandungan pada jambu biji diatas, memberikan manfaat jambu biji yang sangat besar untuk kesehatan seperti

1. Mengurangi Hipertensi

Manfaat jambu mencegah dari pengentalan darah, sehingga mempertahankan tingkat cairnya darah dan menormalkan tekanan darah. Jambu juga dapat membantu mengurangi kolesterol di dalam darah. Penelitian telah membuktikan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi yang cepat bagi kadar gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik hingga efektif membantu menurunkan tekanan darah dan memicu aksi kerja jantung. Otomatis dapat mencegah terjadi serangan jantung mendadak.

2. Mengatasi Diabetes

Pada manfaat yang disebutkan di atas, asupan jambu biji juga membantu pasien diabetes. Tingginya kandungan serat dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang memungkinkan untuk menaikkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan yakni mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

3. Menyehatkan Tiroid

Jambu adalah sumber yang baik sebagai sumber zat tembaga, yang merupakan zat penting utk mengatur metabolisme tiroid, yang membantu untuk mengontrol produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah 1 kelenjar yang paling berarti dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi pola organ tubuh, sehingga jambu biji ini dapat membantu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh.

4. Mengoptimalkan Penglihatan

Jambu merupakan sumber yang sangat bermanfaat dari vitamin A seperti yang ditemukan pada khasiat wortel. Jambu biji dikenal sebagai booster kesehatan tuk penglihatan. Hal ini meraih membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan umum pada penglihatan mata. Tidak hanya mencegah terjadinya degradasi penglihatan, tapi mengontrol penglihatan dimasa-masa penurunan kekuatan mata.

5. Mengobati Sembelit

Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya dari serat makanan. Bagian bijinya, jika tertelan keseluruhan atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar. Kedua, sifat jambu biji tersebut, mendukung pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air, sehingga sekaligus dapat membersihkan usus.

6. Mengatasi Diare

Senyawa astringents pada jambu biji, membantu perlindungan terhadap diare. Penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus, sebagai disenfektan serta anti bakteri yang bersifat alkali. Selain itu, nutrisi lainnya dalam jambu biji seperti vitamin-C, karotenoid dan kalium, memperkuat pola pencernaan. Jambu biji juga bermanfaat di dalam mengobati gastroenteritis. Yaitu penyakit pencernaan.

7. Sebagai obat demam dan batuk

Vitamin C yang kaya terkandung pada jambu biji, ampuh mencegah infeksi dingin dan virus. Jus jambu dan rebusan daun jambu memberikan khasiat mengurangi lendir saat tbc. Sebagai disinfektan tenggorokan yang menghambat mikroba pada saluran pernapasan dan paru-paru.

Khasiat Jambu Biji Untuk Perawatan Kulit

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun jambu biji kaya akan zat astringents yang dapat menghindari permasalahan pada kulit. Buah jambu biji yang sudah masak, memiliki kandungan zat astringents lebih banyak, termasuk pada daunnya. Untuk meraih manfaat ini, cukup dengan memakan buahnya langsung atau dengan merebus buah dan daunnya terlebih dahulu.

Jambu biji akan mengencangkan daerah kulit yang kendur. Selain astringents, jambu biji sangat kaya vitamin-A, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang bagus untuk detoksifikasi (proses pembuangan racun dalam tubuh). Menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, kerutan dan gangguan kulit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *