Meningkatkan Metabolisme

Meningkatkan metabolisme adalah sesuatu hal yang amat penting dalam pengaturan berat badan, tetapi seberapa cepat tubuh Anda membakar kalori tergantung kepada beberapa hal. Beberapa orang mewarisi dari orang tua memiliki metabolisme yang cepat. Laki-laki cenderung membakar kalori lebih banyak dibandingkan wanita, bahkan saat istirahat. Dan bagi kebanyakan orang, metabolisme semakin melambat setelah umur 40 tahun. Meskipun Anda tidak bisa mengontrol umur, jenis kelamin, dan genetik Anda, ada cara lain untuk memperbaiki metabolisme Anda. Berikut 10 tips nya. Disimak yah…

  1. Membentuk Otot
    Tubuh Anda secara konstan membakar kalori, bahkan ketika Anda tidak berbuat apa-apa. Inilah yang disebut metabolisme basal. Angka metabolism basal ini lebih tinggi pada orang-orang yang lebih berotot. Setiap pon otot, kalori yang dibakar kira-kira 6 kalori untuk menopangnya, sementara setiap pon lemak dibutuhkan hanya 2 kalori untuk menopangnya. Meskipun perbedaan ini kecil, tapi dapat bertambah dari waktu ke waktu.
  2. Tingkatkan Latihan Anda
    Latihan aerobik memang tidak membentuk otot yang besar, tapi itu dapat meningkatkan metabolism Anda berjam-jam setelah latihan. Kuncinya adalah adalah pada diri Anda. Latihan intensitas tinggi lebih meningkatkan metabolisme dan memperlama tingginya metabolisme basal dibandingkan dengan latihan intensitas ringan hingga sedang. Cobalah kelas latihan yang intens di gym untuk melihat hasil yang signifikan.
  3. Berbahan Bakar Air Putih
    Tubuh Anda membutuhkan air putih untuk memproses pembakaran kalori. Jika Anda dalam kondisi bahkan agak dehidrasi, metabolisme Anda melambat. Dalam satu studi, orang dewasa yang minum 8 atau lebih gelas sehari membakar kalori lebih banyak dari yang meminum 4 gelas sehari. Untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi, minum segelas air putih atau minuman tanpa pemanis lainnya sebelum makan atau ngemil. Juga, mengemilah dengan buah dan sayur segar yang sejatinya mengandung air dari pada coklat dan sejenisnya.
  4. Apakah Harus Minum Minuman Berenergi?
    Beberapa kandungan dalam minuman berenergi dapat meningkatkan metabolisme Anda. Ada yang berisi kafein, yang meningkatkan jumlah penggunaan energi. Ada juga beberapa yang memiliki taurin – Asam amino yang meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Tetapi, penggunaan minuman seperti ini dapat menyebabkan problem lain seperti tekanan darah tinggi, cemas, gangguan tidur bagi sebagian orang. The American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan minuman ini untuk anak-anak dan remaja.
  5. Cemilan Pintar
    Makan lebih sering dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ketika Anda makan makanan utama dengan jarak yang lama diantaranya, metabolisme Anda melambat. Makan cemilan tiap 3 atau 4 jam dapat menjaga ritme metabolisme Anda, jadi Anda membakar lebih banyak kalori. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa orang yang memakan cemilan secara reguler mereka makan sedikit pada porsi makanan utama. Jadi, kurangi makanan utama dan diselingi dengan cemilan untuk mempertahankan ritme metabolisme Anda.