Manfaat Kesehatan Dari Buah Nanas yang Sangat Berguna Bagi TubuhNanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat berasal dari Amerika Selatan, di mana para penjelajah Eropa awal menamainya karena kemiripannya dengan biji pinus. Buah populer ini dikemas dengan nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit. Nanas dan senyawanya telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan mempercepat pemulihan dari operasi.

Berikut 8 manfaat nanas untuk kesehatan yang mengesankan.

Penuh Dengan Nutrisi

Nanas rendah kalori tetapi memiliki profil nutrisi yang sangat mengesankan.

Satu cangkir (5,8 ons atau 165 gram) potongan nanas mengandung yang berikut ini:

  • Kalori: 82.5
  • Lemak: 1,7 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 21,6 gram
  • Serat: 2,3 gram
  • Vitamin C: 131% dari RDI
  • Mangan: 76% dari RDI
  • Vitamin B6: 9% dari RDI
  • Tembaga: 9% dari RDI
  • Thiamin: 9% dari RDI
  • Folat: 7% dari RDI
  • Kalium: 5% dari RDI
  • Magnesium: 5% dari RDI
  • Niasin: 4% dari RDI
  • Asam pantotenat: 4% dari RDI
  • Riboflavin: 3% dari RDI
  • Besi: 3% dari RDI

Nanas juga mengandung sejumlah kecil vitamin A dan K, fosfor, seng, dan kalsium.

Mereka sangat kaya vitamin C dan mangan, masing-masing menyediakan 131% dan 76% dari rekomendasi harian.

Vitamin C penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan metabolisme, dan memiliki sifat antioksidan.

Mengandung Antioksidan Penangkal Penyakit

Nanas tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan yang menyehatkan.

Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah keadaan di mana terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang lemah, dan banyak penyakit berbahaya.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik.

Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas yang terikat. Ini memungkinkan antioksidan bertahan dalam kondisi yang lebih keras di tubuh dan menghasilkan efek yang lebih tahan lama

Enzimnya Dapat Memudahkan Pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain

Mereka berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi blok pembangunnya, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Ini dapat sangat membantu bagi orang-orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

Misalnya, satu penelitian menunjukkan bahwa peserta dengan insufisiensi pankreas mengalami pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain.

Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya memecah protein daging yang keras.

Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Perkembangannya biasanya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena mereka dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Salah satu senyawa tersebut adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Studi tabung reaksi telah menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu melawan kanker.

Misalnya, dua penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa bromelain menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel.

Studi tabung reaksi lainnya menunjukkan bahwa bromelain menekan kanker di kulit, saluran empedu, sistem lambung dan usus besar, di antara area lainnya.

Penelitian pada tabung reaksi dan hewan telah menemukan bahwa bromelain dapat merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan molekul yang membuat sel darah putih lebih efektif dalam menekan pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan sel kanker.

Konon, nanas mengandung lebih sedikit bromelain daripada suplemen. Lebih banyak penelitian berbasis manusia diperlukan sebelum kesimpulan dapat dibuat.

Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menekan Peradangan

Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Mereka mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Satu studi sembilan minggu memberi makan 98 anak sehat baik tanpa nanas, beberapa nanas (140g) atau banyak nanas (280g) setiap hari untuk melihat apakah itu meningkatkan kekebalan mereka.

Anak-anak yang makan nanas memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi virus dan bakteri. Juga, anak-anak yang makan nanas paling banyak memiliki hampir empat kali lebih banyak sel darah putih (granulosit) yang melawan penyakit daripada dua kelompok lainnya.

Studi lain menemukan bahwa anak-anak dengan infeksi sinus pulih secara signifikan lebih cepat saat mengonsumsi suplemen bromelain, dibandingkan dengan pengobatan standar atau kombinasi keduanya.

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi penanda peradangan.

Diyakini bahwa sifat anti-inflamasi ini membantu sistem kekebalan tubuh.

Meringankan Gejala Arthritis

Arthritis mempengaruhi lebih dari 54 juta orang dewasa di AS saja.

Ada banyak jenis radang sendi, tetapi kebanyakan melibatkan peradangan pada persendian.

Karena nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, umumnya dianggap dapat meredakan nyeri bagi mereka yang menderita radang sendi.

Faktanya, penelitian sejak tahun 1960-an menunjukkan bahwa bromelain digunakan untuk meredakan gejala rheumatoid arthritis, sejenis artritis yang melibatkan peradangan pada persendian.

Beberapa penelitian terbaru telah melihat keefektifan bromelain untuk mengobati radang sendi.

Satu studi pada pasien dengan osteoartritis menemukan bahwa mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain membantu menghilangkan rasa sakit seefektif obat arthritis umum seperti diklofenak.

Lebih lanjut, satu ulasan menganalisis kemampuan bromelain untuk mengobati osteoartritis. Disimpulkan bahwa bromelain berpotensi meredakan gejala artritis terutama dalam jangka pendek.

Mempercepat Pemulihan Setelah Operasi atau Latihan Berat

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau olahraga.

Ini sebagian besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar, dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi. Ini juga tampaknya mengurangi penanda peradangan.

Misalnya, satu penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi bromelain sebelum operasi gigi secara signifikan mengurangi rasa sakit dan merasa lebih bahagia daripada orang yang tidak. Faktanya, itu tampaknya memberikan jumlah bantuan yang sama seperti obat anti-inflamasi umum.

Olahraga berat juga dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan di sekitarnya. Otot yang terkena tidak dapat menghasilkan tenaga sebanyak itu dan terasa sakit hingga tiga hari.

Protease seperti bromelain dipercaya dapat mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Satu studi menguji teori ini dengan memberi peserta suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain setelah 45 menit latihan berat di treadmill. Mereka yang mengonsumsi suplemen mengalami lebih sedikit peradangan dan mempertahankan lebih banyak kekuatan sesudahnya.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa bromelain dapat mempercepat pemulihan dari kerusakan akibat olahraga.

Lezat dan Mudah Ditambahkan ke dalam Diet

Nanas manis, nyaman dan mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda.

Mereka sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di banyak pasar Amerika, karena dapat dibeli dalam keadaan segar, kalengan atau beku.

Anda dapat menikmatinya sendiri atau dalam smoothie, salad, atau pizza buatan sendiri.

Berikut beberapa ide resep mudah yang menggunakan nanas segar:

  • Sarapan: Smoothie nanas, blueberry, dan yogurt Yunani
  • Salad: Ayam panggang tropis, almond, blueberry dan salad nanas
  • Makan siang: Burger Hawaii buatan sendiri (burger daging sapi dengan cincin nanas)
  • Makan malam: Ham panggang dengan nanas dan ceri
  • Makanan penutup: Salad buah nanas