Cara Mengatasi sembelit pada orang dewasaSembelit, konstipasi, atau susah BAB merupakan masalah kesehatan yang sehari dapat kita alami. Terkadang kita menganggap remeh sembelit, padahal sembelit yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan sakit yang lebih parah seperti ambeien bahkan kanker usus. Untuk mencegah penyakit yang lebih serius ada baiknya menjalankan beberapa tips mencegah sembelit berikut ini:

Cukup minum air putih

Meminum air putih dalam jumlah yang cukup akan membuat feses melunak sehingga proses pengeluaran menjadi lebih lancar. Minum air putih di pagi hari sangat baik untuk membantu menuntaskan sembelit. Minum sebanyak 8 gelas sehari merupakan jumlah yang dianjurkan. Tambah jumlahnya bila perlu, terutama jika banyak melakukan aktivitas fisik.

Konsumsi serat

Kita tahu bahwa makanan berserat baik untuk memperlancar BAB, jadi jangan malas menambahkan sayur dalam makanan Anda jika serius ingin menghindari sembelit. Makanlah buah sebelum makan. Intinya, perbanyak sayur dan buah dalam makanan Anda agar tetap sehat, termasuk terhindar dari sembelit.

Mengunyah makanan sampai halus

Apapun jenis makanan Anda sebaiknya kunyah dengan baik sampai lumat sebelum ditelan. Penghacuran mekanis di mulut dapat membantu kerja organ pencernaan selanjutnya, termasuk proses pengeluaran sisa pencernaan dari tubuh.

Cerdas memilih buah

Semua orang sepakat bahwa buah merupakan makanan berserat yang baik bagi tubuh, namun ada beberapa buah yang perlu dihindari ketika sedang sembelit. Kebanyakan buah baik untuk memperlancar BAB dan mencegah sembelit, buah pepaya, pisang dan plum merupakan buah pilihan yang paling efektif ketika sembelit, sedangkan buah salak dapat mengobati diare namun kurang tepat dikonsumsi saat sembelit.